Blog ini memberikan informasi tentang berbagai khasiat atau manfaat buah daun dan akar bagi kelangsungan hidup manusia.

27 Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Buah Naga atau Pitaya(inggris) atau dengan nama latin Hylocereus undatus adalah buah yang berasal dari amerika selatan. Buah ini masuk kedaratan asia khususnya asia tenggara ketika Bangsa Perancis yang membawa tanaman ini dari Guyana amerika selatan ke Vietnam sebagai tanaman hias. Akan tetapi masyarakat Vietnam kala itu membudidayakannya sebagai tanaman konsumsi yang produktif dan digunakan sebagai sarana persembahyangan. Hingga akhirnya menyebar luas ke Indonesia seperti sekarang ini. Selain secara fisik yang mempunyai bentuk yang unik yaitu seperti naga dalam mitologi china ternyata buah ini memiliki kandungan fitonutrien, vitamin, dan mineral. Selain itu juga kaya akan antioksidan, vitamin C, asam lemak tak jenuh, karoten dan protein. Serta memiliki kandungan nol karbohidrat komplek dan tiamin yang membantu tubuh dalam mencerna makanan. Yang terakhir adalah kandungan captin fitikimia yang sangat penting untuk kesehatan jantung.

image;flickr

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Kulit

1. Menghilangkan Tanda Penuaan
Kulit keriput, kendur, timbul garis halus dan kusam adalah tanda-tanda yang muncul ketika kulit anda mengalami penuaan. Hal ini disebabkan oleh kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas yang berkeliaran dalam tubuh kita. Oleh karena itu buah ajaib ini merupakan sumber antioksidan alami yang akan membantu melawan radikal bebas dan menghambat penuaan.
Cara membuat;
- Siapkan setengah buah naga, lalu keluarkan daging buahnya dan haluskan.
- Tambahkan 1 sdm yoghurt dan campurkan kedua bahan ini sehingga menjadi adonan
- Oleskan atau balurkan ke wajah anda dan diamkan selama 20 menit.
- Kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk.
Lakukan ini seminggu sekali selama 2 bulan untuk mendapatkan kulit sehat, bersinar dan lepas dari tanda-tanda penuaan.

2. Menghilangkan Jerawat
Jerawat memang sesuatu yang menjengkelkan apabila muncul di wajah kita. Hal tersebut terjadi sangat parah ketika menginjak usia puber. Jika jerawat timbul di wajah anda maka gunakanlah buah naga untuk mengatasinya.
Caranya;
- Siapkan 1/4 daging buah naga lalu keluarkan daging buahnya.
- Kemudian haluskan dan oleskan pada area yang terkena jerawat, dengan menggunakan kapas atau langsung dengan tangan.
- Lalu bilaslah dengan air hangat setelah 20 menit
- Lakukan seminggu 2 kali untuk mendapatkan kulit halus bebas jerawat.  

3. Menyembuhkan kulit yang terbakar matahari
Ketika kita berjemur di terik sinar matahari terkadang kulit kita menjadi merah dan rusak. Hal ini terjadi karena radiasi dari sinar UV sinar matahari. Untuk mengembalikannya, kita memerlukan buah naga, Karena merupakan sumber vitamin E dan C.
Caranya;
- Siapkan 1/4 daging buah naga, Campurkan dengan 1 kapsul vitamin E dengan cara menusuknya sehingga isinya keluar.
- Setelah itu, oleskan pada area yang terbakar dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas.
- Lakukan secara rutin untuk menyembuhkan penyakit anda.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit
Memiliki kulit sehat dan becahaya adalah dambaan setiap orang, caranya hanya dengan rajin berolah raga dan makan makanan yang baik. Salah satunya adalah dengan rajin mengonsumsi buah naga yang kaya akan vitamin C dan E. Mengonsumsi 1 gelas jus buah naga setiap pagi akan membuat anda sehat dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh serta akan membuat kulit anda bersinar.

5. Melembabkan kulit kering
Buah naga memiliki kadar air yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk yang penting dalam memberikan hidrasi pada kulit anda. Terutama bila kulit anda termasuk jenis kulit kering.

Manfaat Buah Naga Untuk Rambut. 


6. Treatment Yang Baik Untuk Rambut

Banyak merek-merek treatment rambut yang ada di pasaran dari yang murah sampai yang paling mahal. Tentunya produk buatan pabrik sarat dengan unsur kimia yang kadang akan berdampak kurang baik untuk rambut anda. Buah naga sebagai treatment alami akan menjadi bahan alami yang aman dan jauh dari efek-efek berbahaya bagi rambut anda. Caranya;
- Siapkan 1 buah naga, ambil daging buahnya dan blender hingga halus.
- Oleskan pada kulit kepala sampai merata dan diamkan sekitar 20 menit.
- Setelah itu cuci rambut sampai bersih
- Lakukan seminggu 1 sampai 2 kali untuk memperoleh rambut sehat alami.

7. Meningkatkan Kesehatan Rambut 
Seperti halnya penjelasan di atas, manfaat buah naga untuk rambut memang luar biasa. Selain mengoleskannya secara langsung pada rambut,  Perawatannya juga bisa dilakukan dengan rajin-rajin meminum jus buah naga. Sehingga menjadikannya minuman wajib bagi kita. Rambut kusam, bercabang, mudah rontok akan terhindari.

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

8. Menurunkan Kolesterol
Seiring dengan meningkatnya perubahan pola hidup dan makan maka kemungkinan mendapat ancaman dari berbagai penyakit amatlah besar. Termasuk penyakit yang diakibatkan oleh kelebihan kolesterol seperti asam urat, jantung, tekanan darh tinggi dan lain-lain. Oleh karena itu kandungan lemak tak jenuh dalam buah naga seperti omega 3 dan omega 6 asam lemak dalam buah naga akan sangat membantu menurunkan kolesterol anda. Serta antioksidan lain yang ampuh melawan kolesterol jahat pada diri anda.

9. Menyembuhkan Penyakit Perut
Dengan kandungan airnya yang tinggi pada buah naga akan mencegah terjadinya sembelit dan akan memperbaiki sistem pencernaan anda. 

10. Membantu Menurunkan Gula Darah
Buah naga kaya akan polifenol, karotenoid, tiol, tokoferol dan glucosinolates yang membantu menurunkan gula darah. Selain itu juga kaya akan serat yang membantu menghambat lonjakan gula yang terjadi. Oleh karena itu buah naga sangat bermanfaat untuk penderita diabetes.

11. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Mengonsumsi buah naga dapat menyehatkan jantung anda, karena akan mengontrol kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas dan mengurangi kekakuan arteri sehingga menurunkan serangan jantung.

12. Mencegah Anemia
Kandungan zat besi yang tinggi dari buah naga yaitu sekitar 8% untuk memenuhi kebutuhan harian anda. Selain itu juga vitamin C yang akan  meningkatkan kinerja dari organ-organ tubuh.

13. Membantu Menurunkan Berat Badan
Kandungan air yang tinggi sekitar 90% dan juga serat akan membuat kita selalu merasa kenyang. Selain itu juga kadar kalorinya hanya 60 kalori dari setiap 100gr maka buah naga adalah makanan yang tepat untuk diet anda.

14. Mencegah Kanker
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah naga mempunyai kemampuan mengekang perbanyakan sel-sel kanker berbahaya. Kandungan lycopene, vitamin C dan karotene bersifat anti-karsinogenik yaitu mencegah pembentukan tumor. Selain itu kulit buah naga kaya polifenol yang melindungi kita dari kanker tertentu.

15. Mencegah Glaukoma Kongenital(kelainan pada mata)
Berbagai kandungan nutrisi dan vitamin serta zat- zat yang lain dipercaya dapat mencegah terjadinya beragam penyakit termasuk glaukoma kongenital.

16. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Adanya beberapa vitamin dan senyawa penting seperti, vitamin C, B1, niacin, pytoalbumin, kalsium, fosfor dan zat besi membuat senjata yang kuat terhadap serangan bakteri dan virus.

17. Mengatasi nyeri sendi.
Buah naga bersifat anti-infamasi yang dapat mengatasi masalah persendian anda.

18. Baik Untuk Ibu Hamil
Zat besi dalam buah naga, membantu mengatasi hemoglobin yang menurun pada ibu hamil dan juga penting untuk janin karena akan menyediakan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan. Serta karbohidrat yang akan memberika energi pada ibu hamil dan folat yang membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah terjadinya cacat saraf.

19. Mencegah Kerapuhan tulang karena gagal ginjal
Penyakit ini terjadi ketika ginjal tidak lagi mampu mengaktifkan vitamin D untuk menyerap kalsium yang menjadi kekuatan tulang, sehingga kaki menjadi lemah dan rapuh. Kandungan kalsium yang tinggi 8,8 gr kalsium dari 100gr buah naga adalah sesuatu yang baik untuk melawan penyakit tulang ini.

20. Menguatkan Tulang dan Gigi
Buah naga kaya akan kalsium, fosfor dan nutrisi yang akan memperkuat tulang dan gigi anda. 

21. Baik untuk pasien demam berdarah
Meningkatkan jumlah trombosit dalam darah sehingga akan mempercepat pemulihan pasien demam berdarah. 

22. Memperbaiki sel tubuh
Buah naga memiliki protein khusus dan enzim yang tubuh kita dalam regenerasi dan memperbaiki sel-sel. Ketika anda menderita luka disarankan mengonsumsi buah naga.

23. Meningkatkan nafsu makan
Ketika anda sedang menderita penyakit demam atau anemia tentu nafsu makan anda berkurang, oleh karena itu setelah mengonsumsi buah naga stamina anda akan segera pulih dan nafsu makan anda kembali normal. 

24. Meningkatkan penglihatan
Kandungan beta karotene dan pigmen tanaman lainnya dapat melindungi mata dari efek radikal bebas yang berbahaya dan dapat mencegah penyakit mata yang berbahaya seperti katarak dan degenerasi makula.

25. Meningkatkan fungsi otak
Vitamin, mineral dan nutrisi lainnya akan menjaga dan mempertahankan fungsi otak sebagai pemegang fungsi teratas dalam sistem organ kita.

26. Mengatasi Gangguan Pernapasan
Vitamin C dalam buah ini akan mengatasi gangguan pernapasan seperti, asma, batuk dan infeksi yang terjadi.

27. Camilan yang sehat untuk anak
Ketika kita kehabisan ide untuk makanan si kecil, maka buah naga adalah solusi yang tepat untuk itu. Selain sehat juga murah dan enak, dan tentunya kaya akan nutrisi bagi tubuh.

Demikian beberapa manfaat dari buah naga semoga bermanfaat....!


0 Response to "27 Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan dan Kesehatan"