Blog ini memberikan informasi tentang berbagai khasiat atau manfaat buah daun dan akar bagi kelangsungan hidup manusia.

10 Manfaat Daun Salam Untuk mengobati Penyakit

Daun Salam atau Syzygium polyanthum adalah tumbuhan yang bisa mencapai tinggi maksimal sekitar 30 meter. Pada umumnya tanaman ini dimanfaatkan daunnya sebagai bumbu masakan seperti, lodeh, kari, gulai dan lain-lain karena memang mempunyai aroma yang menggoda. Tetapi dalam artikel kali ini saya akan membahas kandungan serta khasiat yang ada pada daun salam.
image;flickr


Daun salam kaya akan kandungan vitamin C, A, mangan, besi, kalsium, dan magnesium. Selain itu juga mengandung asam caffeic, eugenol, quercetin, dan catechin. Senyawa Parthenolide adalah zat fitonutrien yang diyakini menghambat proliferasi sel kanker serviks yang menginduksi apoptosis, meminimalkan pemicu tumor dan menghambat agiogenesis tumor. Mengonsumsi hidangan yang mengandung daun salam atau minum teh daun salam akan mencegah penyakit kanker.

Berikut beberapa manfaat daun salam untuk pengobatan;


1. Membuat gigi putih dan bersih

Pasta gigi yang terbuat dari daun salam terbukti memutihkan dan membersihkan gigi. Siapkan beberapa lembar daun salam kering dan kulit jeruk. Kemudian haluskan keduanya hingga berbentuk seperti pasta, cream, setelah itu gunakan sebagai pasta gigi anda.


2. Mengobati Nyeri Sendi

Caranya, ambil 10 lembar daun salam kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Setelah tersisa kurang lebih 1 gelas saring airnya lalu minumlah. Lakukan secara rutin untuk menyembuhkan nyeri sendi anda.


3. Menurunkan Kolesterol

Ambil 10-15 daun salam kemudian rebuslah dengan 3 gelas air sampai mendidih. setelah tersisa kurang lebih 1 gelas saring dan minum. Lakukan ini setiap hari, terutama malam hari untuk menurunkan kolesterol dan mencegah diabetes.


4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam daun salam sangat bagus untuk ketahanan dan kekebalan tubuh. Makanlah makanan yang mengandung daun salam atau minum seduhan daun salam akan meningkatkan ketahanan tubuh anda.


5. Mengobati Diabetes

Ambil 10-15 daun salam, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Setelah tersisa 1 gelas kemudian saring dan minum. Lakukan atau minum 2 kali sehari untuk mengobati diabetes anda.


6. Menurunkan Berat Badan

Rebus sekitar 30 lembar daun salam, dengan 4 gelas air sampai mendidih. Setelah tersisa sekitar 2 gelas lalu saring dan dinginkan. Minumlah ramuan ini untuk anda yang mempunyai masalah dengan berat badan.


7. Mengobati sakit maag

Rebuslah sekitar 20 lembar daun salam dengan 1/2 liter air. Setelah mendidih tambahkan gula aren secukupnya, lalu tunggu hingga dingin dan minum setiap hari sampai sait mag anda sembuh.


8. Menurunkan Tekanan Darah

Ambilah sekitar 10 lembar daun salam, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Setelah tersisa 1 gelas kemudian saring dan biarkan hingga dingin. Minumlah air ini 2 kali sehari secara rutin.


9. Mengobati Diare

Ternyata daun salam adalah obat diare yang alami dan baik sekali. Caranya, ambil sekitar 15 lembar daun salam kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian tambahkan sedikit garam. Biarkan dingin, kemudian minumlah ramuan ini sampai diare anda sembuh.


10. Menghilangkan Pengaruh Alkohol

Selain daunnya, buah dari pohon salam juga bermanfaat untuk menghilangkan pengaruh alkohol. Caranya, ambillah sekitar 1 genggam buah salam yang sudah masak, kemudian blender dengan sedikit air. Setelah itu saring atau langsung, minumlah jus buah salam untuk menghilangkan pengaruh alkohol dengan cepat.


(http://plantsandbenefits.blogspot.co.id)

0 Response to "10 Manfaat Daun Salam Untuk mengobati Penyakit"